Penyebab FJB Kaskus Sepi Pembeli

11 Oct 2014

Banyak orang yang mengandalkan untuk meraup keuntungan dari berjualan di FJB Kaskus . Memang , dengan jumlah member terdaftar mencapai lebih dari 4 juta pengguna menjadikan Forum Kaskus sebagai forum terbesar di Indonesia , dan salah satu sub forum yang ramai dikunjungi oleh pengguna Kaskus adalah FJB Kaskus . Siapa yang tak kenal dengan FJB Kaskus ? namun FJB Kaskus kini sudah tak seksi lagi untuk dijadikan lahan promosi jualan online , beberapa pengguna mengeluhkan sepinya pembeli meskipun lapak di FJB kaskusnya disundul 3x sehari .

Nah , bagi anda yang menjual produk di FJB Kaskus namun sampai sekarang tidak ada konversi penjualan , mungkin anda harus mengetahui bahwa alasan-alasan berikut ini yang menjadikan FJB kaskus sepi .

  • Maraknya penipuan online

Tak bisa dipungkiri bahwa fenomena belanja online di Indonesia masih belum terhindar dari penipuan belanja online . Sifat belanja online di Indonesia yang unik yakni order secara manual (order via sms,bbm) menjadikan cara ini sebagai cara ampuh untuk mengelabui calon korban penipuan belanja online . Modusnya dari dulu hingga kini hampir tidak berubah , yakni konsumen atau calon pembeli disuruh transfer uang terlebih dahulu lalu si penjual menghilang kontaknya tak bisa dihubungi dan barang tak sampai tujuan .

  • Kalah bersaing dengan situs e-commerce

Mungkin masyarakat Indonesia secara keseluruhan lebih mengenal tokobagus daripada FJB Kaskus . FJB kaskus lebih dikenal di masyarakat perkotaan atau kalangan muda sedangkan orang - orang tua yang sudah punya anak dan tinggal di daerah lebih menyukai situs seperti tokobagus untuk mencari barang secara online . Tak hanya kalah bersaing dengan situs jual beli listing seperti olx , tokobagus namun juga FJB kaskus kalah bersaing dengan situs marketplace seperti tokopedia . Di Tokopedia , cari barang mudah dan integrasi sistem rekening bersama dalam satu sistem , berbeda dengan FJB Kaskus yang rata-rata penggunanya terutama calon konsumen menggunakan jasa rekening bersama di luar Kaskus yang cukup ribet meskipun kaskus telah menyediakan fasilitas rekening bersama sendiri .

  • Aksi Spamming yang dilakukan penjual

Aksi spamming yang dilakukan beberapa penjual di FJB Kaskus membuat calon konsumen yang ingin membeli barang disana semakin geram karena lapak-lapak yang dicari masih satu penjual . Aksi spam dilakukan oleh beberapa penjual untuk menimalisir sundul atau me-reply lapaknya sendiri agar berada di posisi atas . Dengan membuat lebih dari 1 lapak dengan akun berbeda , berharap bisa menggaet pembeli sebanyak-banyaknya .

Aksi yang dilakukan penjual tersebut bukannya malah laris justru semakin membuat FJB Kaskus sepi , karena pembeli sudah merasa bosan dengan lapak-lapak yang hanya dikuasai 1-2 orang saja untuk item yang ia(pembeli) incar .

sumber http://onlinerumahan.blogspot.com/2014/10/3-alasan-fjb-kaskus-sepi.html


TAGS


-

Author

Follow Me